Proposal PMR WIRA Madrasah Aliyah Al-Huda Cikalongwetan


LAPORAN KEGIATAN PMR WIRA
(PALANG MERAH REMAJA)
PERIODE 2012-2013










Disusun Oleh
Tim PMR

MADRASAH ALIYAH AL-HUDA CIKALONGWETAN BANDUNG BARAT

Janji PMR
       Janji Palang Merah Remaja Indonesia.Kami anggota palang merah remaja Indonesia berjanji, dengan disertai rasa tanggung jawab dan bersungguh hati.
1.      Bertakwa kepada Tuhan yang Maha Esa
2.      Berbakti kepada masyarakat
3.      Menjaga kebersihan lingkungan masyarakat
4.      Menjalin persahabatan nasional dan internasional
5.      Menjunjung tinggi nama baik palang merah remaja Indonesia

Dengan memegang teguh prinsip-prinsip kepalang merahan.
1.      Kemanusiaan
2.      Kesamaan
3.      Kesatuan
4.      Kemandirian
5.      Kenetralan
6.      Kesukarelaan
7.      Kesemestaan









BAB I
PENDAHULUAN
1.1         Latar Belakang
A.    SEJARAH PALANG MERAH INTERNASIONAL
            Pada tanggal 21 juni 1859 di kota Salferino Italia Utara, pasukan Prancis & Italia bertempur melawan pasukan Austriadalam satu pertempuran yang memanas pada hari yang sama. Seorang pemuda dari Swiss bernama             HENRY DUNANT  berada di dekat kota Castiguone dengan harpan bisa bertemu dengan kaisar Prancis. Namun ketika sampai, Dunan melihat banyak tentara yang bergeletakan.dengan luka akibat perang. Ketika itu Dunant berfikir pasti  akan ada jalan keluarnya, untuk bisa menolong mereka. Kemudian munculah gagasan Dunan untuk menolong para tentara itu dan Dunant merawat tentara itu secara pribadi. Setelah tiga hari Dunant bergelut di medan perang, maka Dunant memutuskan untuk merubah jalan hidupnya.
            Pada waktu itu Dunant menuliskan kejadian selama ia hidup di Salferino dan bukunya itu di beri judul “ UN SOUVENIR DE SALVERINO “ yang artinya “ kenangan di Salferino”.  Salah satu isinya ‘bahwa di setiap Negara harus di dirikan badan pertolongan untuk orang yang teluka karena perang.Dan harus diakui oleh pemerintah masing-masing. Buku kenangan Salferino tersebut sangat menarik perhatian masyarakat di antara nya 4 orang penduduk  JENEWA mereka adalah ; DR. APPIA, G.L. DOGOUR , DR. MAVNOSR, G. MOYNSER. Mereka berempat mengumumkan dukungan mereka atas gagasan Henry Dunant.
            Keempat pria itu bertemu pada bulan Februari 1863 dan memutuskan untuk mendirikan “ KOMITE INTERNASIONAL “ atau di kenal dengan sebutan ICRC (INTERNATIONAL COMMITE OF THE RED CROSS) yang artinya, “komite international palang merah”. Pada tanggal 22 Agustus 1864, atas prakarsa ICRC, diselenggarakan suatu kompetisi yang di hadiri oleh 12 negara. Yang di kenal dengan KONFERENSI JENEWA 1, yang membaha tentang perbaikan nasib tentara yang terluka di medan perang dan pada kesempatan itu di resmikan pula lambang palang merah di atas dasar putih.
            Pada tahun 1870-1871, ketika terjadi perang diantara Prancis dan Prossia, ICRC memiliki lebih dari 150 sukarelawan di medan perang. Pada tahun 1899 pecah perang boer di Transyaai (Afrika Selatan) dan ICRC kembali bekerja. Pada tahun 1999 prinsip-prinsip hukum perikemanusiaan internasional (HPI) di perluas untuk peperangan di laut.
B.     SEJARAH PALANG MERAH INDONESIA
            Karena tersentuh oleh pengalaman hati nurani pengalaman Henry Dunant yang di tulis melalui bukunya, dan karena rasa kasian (hati nurani) dari diri kita,karena ini merupakan tugas yang mulia dan berprikemanusiaan yang luhur.
            PMI  di mulai dari masa sebelum perang dunia II tanggal 21 oktober 1873 pemerinta colonial Belanda mendirikan palang merah di Indonesia dengan nama NEORLAND RODE KRUIS AFDELING INDI (NERKAI) yang kemudian di bubarkan pada saat pendudukan Jepang.perejuangan putra Indonesia untuk mendirikan PMI di awali tahun 1932. Kegiatan ini di prakasai oleh DR. RCL SENDUK & DR. BANDER DJOHAN.Dengan gagasan untuk mendirikan Palang Merah Indonesia. Tentu saja hal ini mendapat sambutn para cendekiawan Indonesia,akan tetapi pemerintah India Belanda menentang.
            Kemerdekaan Indonesia di proklamasikan pada tanggal 17 Agustus 1945.17 hari kemudian tanggal 4 September 1945 presiden Soekarno mengeluarkan perintah untuk membentuk suatu badan palang merah nasional. Atas perintah presiden . Dr. buntaran yang waktu itu menjabat sebagai menteri kesehatan RI dalam kabinet V tanggal 5 september 1945 membentuk panitia 5 yaitu :
 Ketua      :      Dr. R mochtar
 Penulis    :     Dr. Bander johan
Anggota   :     Dr. juhana
            Dr. marzuki
            Dr. sitanalan
            Pada tanggal 17 september 1945, panitia 5 berhasil mengurus penyusunan pengurus besar PMI. Mereka di lantik oleh para wakil presiden Moh.Hatta , bertempat di jalan  Surya no 1 Jakarta.
            Moh.Hatta kemudian menjadi ketua pengurus besar Pleno. Kantor pertama bertempat di departemen kesehatan (sekarang  kementrian dalam negeri) hanya dengan satu kamar., satu masin tik, dan satu kursi.
            Tanggal 25september 1945, atas izin tuanas. Alatas kantor di pindahkan ke jalan Ryswijk 27 (kemudian menjadi hotel DU papilon ) lalu menjadi hotel Mojo Pahit (sekarang komplek perkantoran sekertariat Negara bagian barat), Jakarta .
            Tanggal 2 oktober 1945 tentara sekutu mendarat di pulau Jawa.Pada saat itu mereka didirikan kembali. Dan di pimpin oleh Ny. Ramaes, Dr. Van Tichk , Mr. Ten Siethoff, Tuan Nnass dan JHR.
            Dan akhirnya pada tanggal 17 september 1945 berdirilah palang merah Indonesia. Dan setiap tanggal 17 September di peringati sebagai lahirnya palang merah Indonesia.
C.     Ringkasan
·         Organisasi palang merah didirikan pada tanggal 5 mei 1919 dalam suatu konperensi kesehatan internasional di cannes prancis.
·         Palang merah di Indonesia berdiri pada tanggal 17 september 1945
·         Kisah bapak/ibu palang merah sedunia:
1.         Bapak palang merah sedunia
            Jean Henry Dunnant di lahirkan dari pasangan suami dan istri Jean Jacques Dunant dan Antoinete Colladon.
Tempat tanggal lahir   : Jenewa, Swiss, 8 Mei 1910
Meninggal dunia         : Swiss, 30 Oktober 1910
Buku karagan Dunnant berjudul “UnSouvenir De Salverino”
2.         Ibu palang merah sedunia
            Florenco Night Angel, Florence merupakan anak bangsa yang cerdas, beliau tersentuh ketika melihat orang-orang kelaparan akibat korban perang. Beliau adalah seorang yang penyayang bahkan beliau  bercita-cita ingin mendirikan rumah sakit untuk menampung semua korban. Karena beliau mempunyai penyakit maka umur beliau sebentar.Namun untuk mengenang perjuangan beliau maka di Inggris ada satu rumah sakit yang di persembahkan warganya untuk Florence.
            Florence sering di juluki sebagai “The Lady With The Lamp” (putri yang membawa lampu ) karena kemana pun Florence selalu membawa lampu. Karena menurutnya lampu yang menerangi langkahnya.
·         Pada tanggal 16 januari 1950 di keluarkan keputusan pemerintah RI NO. 25/1950 tentang pengesahan terjadinya PMI
·         Pada tanggal 15 juni 1950, PMI diakui ICRC ( international commite of the red cross) dengan surat keputusan No. 68
·         Pada tanggal 16 oktober 1950 PMI di terima menjadi anggota federasi anternasional palang merah dengan keanggotaan No. 68
·         Pada tanggal 20 mei 1950, nerkai menyerahkan RS. Gedung halung ke PMI yang sekarang di kenal dengan nama RSU PMI Bogor.
·         Kongres PMI sjak tahun 1945- 1944

*kongres PMI I, 16-17 oktober 1946, di Yogyakarta dengan keputusan memindahkan kantor markas besar PMI ke Yogyakarta.
*kongres PMI II, 13-14 november 1943 di Yogyakarta. Panitia pusat dan panitia haria pusat .sebaiknya dig anti dan di pandang dengan nama markas besar PMI. Pengurus besar dan pengurus besar harian.
*kongres PMI III, 8-11 oktober 1949,di Yogyakarta
*kongres PMI IV, 25-27 januari 1950, di Jakarta.
Pada waktu itu kantor markas besar PMI pindah kembali ke Jakarta.
*kongres PM V, 1-5 april1950, di bogor jawa barat.
*kongres PMI VI, 13-16 desember 1955, di tawang mangu karang anyar jawa tengah.
*kongres PMI VII, 9-13 februari 1959, di Surabaya.
*kongres PMI VIII, 13-16 mei 1963, di Jakarta.
*mubes PMI IX, 24-27 november 1966, di bandung.
Nama kongres di ganti menjadi musyawarah besar(mubes)pada tahun 1966
*mubes PMI X, 24-28 maret 1970, di Jakarta.
*mubes PMI XI, 11-13 juli 1973, di Jakarta.
*mubes PMI XII, 14-16 desember 1977, di Jakarta.
*mubes PMI XIII, 17-19 september di Jakarta.
Nama mubes menjadi munas (musyawarah nasional) tahun 1986.
*munas PMI XIV, 22-25 november di Jakarta.
*munas PMI XV, 28-30 november 1990,di Jakarta.
*munas PMI XVI, 28 november-1 desember 1994, di Jakarta.
            Palang merah remaja (PMR) di bentuk oleh PMI.Pada kongres PMI pada tanggal     25-27 januari 1950 di pimpin oleh Nn. Siti damisah.
            Terbentuk PMR di Indonesia atau junior red cross /youth red cross. PMR mulai di terima pada tahun 1919 ketika federasi perhimpunan palang merah dan bulan sabit merah sudah mulai menerima.



1.2         Tujuan Penulisan Laporan
            Pembuatan laporan ini, tentunya memiliki tujuan. Berikut tujuan dari pembuatan laporan ini :
1.      Untuk melaporkan atau memberitahukan kegiatan PMR WIRA (Palang Merah Remaja)  dalam satu tahun.
2.      Agar mengetahui kekurangan dan kelebihan PMR WIRA (Palang erah Remaja) tahun ajaran 2012-2013.
3.      Agar diketahui program yang sudah terlaksana.
4.      Agar dapat menjadi cerminan bagi kepengurusan PMR WIRA mendatang










1.3         Sistematika Penulisan Laporan
Dalam penulisan laporan ini pengurus OSIS menggunakan sistematika yang sederhana, seperti dibawah ini :
Kata Pengantar
Janji PMR
Daftar Isi
BAB 1 PENDAHULUAN
BAB 2 KAJIAN TEORI
·         Daftar Nama Anggota PMR
·         Susunan Kepengurusan PMR
·         Program Perencanaan Kegiatan PMR
·         Program Kerja PMR
·         Rencana Kegiatan PMR
BAB 3 HASIL KAJIAN
·         Tata Tertib AnggotaPMR
·         Tugas – Tugas AnggotaPMR
·         Agenda Jenis Kegiatan PMR
·         Pemberian Materi PMR
·         Adrimistrasi Anggota PMR
·         Daftar Surat Masuk dan Keluar
·         Lembar Pengesahan
BAB 4 PENUTUP

BAB II
KAJIAN TEORI
2.1  Daftar Nama Anggota PMR
Daftar nama-nama anggota PMR masa bakti 2012-2013
NO.
Nama
Jabatan
1.       
Meida Puji Astuti
Komandan
2.       
Hasnah Fauziah
Wakil komandan
3.       
Elis Jubaedah
Komandan pasukan
4.       
Linda Apriyanti
Sekertaris I
5.       
Annoor Nisamiah
Sekertaris II
6.       
Dahlia
Bendahara
7.       
Murniawati Suci AQ.
Anggota
8.       
Desi Utami
Anggota
9.       
Anggi Puji Astri
Anggota
10.   
Pasha Diniarti
Anggota
11.   
Windi Wahidin
Anggota
12.   
Dheria Kodariah
Anggota
13.   
Rika Aryanti
Anggota
14.   
Eri Somantri
Anggota
15.   
Dian Kardiana
Anggota
16.   
Samsul Rizal
Anggota
17.   
Rahmat Sopian
Anggota
18.   
Laela Safitri
Anggota
19.   
Leni Mawarni
Anggota
20.   
Erna Yuliana
Anggota
21.   
Resti Romayanti
Anggota
22.   
Rina
Anggota
23.   
Nisa Nisrohah
Anggota
24.   
Ahmad Saepuloh
Anggota
25.   
Ismi
Anggota
26.   
Wayan suciadi
Anggota
27.   
Lukman syarif
Anggota
28.   
Rusli cahaya s.
Anggota
29.   
Santi
Anggota
30.   
Yudi Permana
Anggota

2.1.1         Keterangan Siswa yang Berhenti dari Organisasi PMR
Tidak ada siswa yang berhenti dari Organisasi PMRunit MA.Al-Huda.
2.2  Susunan Kepengurusan PMR
Susunan Kepengurusan PMR unit MA. Al-Huda masa bakti 2012-2013

Kepala Sekolah                       : Dr. H. Asep Rifqi Fuad,M.Ag
Pembina PMR                         : Drs. H. Aub Ahmudin
Pembimbing                            : Suherman,S.Pd
Komandan                              : Meida Puji Astuti
Wakil Komandan                    : Hasnah Fauziah
Komandan Pasukan                : Elis Jubaedah
Sekertaris I                              : Linda Apriyanti
Sekertaris II                            : Annoor Nisamiah
Bendahara                               : Dahlia
Sie. Unit Bakti Masyarakat     : Ahmad Saepulloh
Sie. Unit Kesehatan                : Windi Wahidin
Sie. Unit Umum                      : Laela Safitri
Sie. Unit Persahabatan            : Pasha





2.3  Program Kerja PMR
Program kerja adalah suatu susunan sistematik kegiatan yang akan dilakukan oleh pengurus PMR WIRA MA. AL-HUDA selama masa kepengurusan 2012-2013.

Jangka Pendek

·         Latihan Unit                    : merupakan kegiatan membina calon maupun anggota PMR unit MA. Al-Huda secara rutin seminggu sekali pada hari Selasa
·         Rapat Koordinasi            : merupakan kegiatan evaluasi rutin setiap satu bulan satu kali pada minggu kedua.                             
    
Jangka Menengah

·         Bakti Sosial          : merupakan kegiatan bakti social setisp empst bulsn satu kali atau pada saat darurat bencana.
·         Evaluasi Latihan : merupakan membantu PMR Unit MA. Al-Huda mengikuti dan mengevaluasi hasil latihan dikegiatan rutin perlombaan yang diadakan oleh PMI atau PMR Madya maupun Wira di lingkungan kabupaten Bandung Barat.
·         Studi Banding      : evaluasi kinerja pengurus PMR WIRA Unit MA. Al-Huda setiap dua bulan sekali
·         Buka Puasa Bersama      : dalam rangka mempererat silaturahmi dibulan Ramadhan. Kegiatan yang dilakukan setahun sekali.
·         Kegiatan Variatif            : kegiatan ini berbentuk refreshing seperti hiking, raveling, lintas alam, dan lain sebagainya sebagai diluar aktivitas yang berhubungan dengan PMR maupun kegiatan formil lainnya.

Jangka Panjang
·         Masa Menerima Calon Anggota maupun Calon Pengurus Himpunan Alumni       :diadakan setiap setahun sekali setelah kelulusan PMR WIRA Unit MA. Al-Huda Cikalongwetan
·         Musyawarah Pertanggung Jawaban (MUPER)          : diadakansetiap setahun sekali atauselesai Masa Bakti Pengurus berupa siding pleno yang mempertanggung jawabkan kepengurusan kepada majelis permusyawaratan anggota.
·          Milad                   : Syukuran gabungan ulang tahun Palang Merah Indonesia, PMR WIRA Unit MA. Al-Huda Cikalongwetan.
                                  2.3.1            Program yang Terlaksana


                                  2.3.2            Program yang tidak Terlaksana

2.4  Rencana Kegiatan PMR
Rencana kegiatan pemberian materi PMR WIRA Unit MA.Al-Huda Cikalongwetan selama masa kepengurusan 2012-2013.
Semester I
No.
Hari, tanggal
Materi
Penyaji
1.       

Sejarah PMI dan PMR
Prinsip-prinsip Palang Merah
Dewan
2.       

Sejarah Palang Merah Indonesia, sejarah Florence Night Angel
Dewan
3.       

Pembalutan dasar
Pelatih, dewan
4.       

Senam PMR, pengangkutan pasien
Pelatih, dewan
5.       

Pembalutan lanjutan
Pelatih, dewan
6.       

Pembidaian
Pelatih, dewan
7.       

LDK/ Pelantikan
Pelatih, dewan
8.       

Tandu darurat
Pelatih, dewan
9.       

Patah tulang
Pelatih, dewan
10.   

Komunikasi lapangan, lagu-lagu Kepalangmerahan
Pelatih, dewan
11.   

Peraturan baris-berbaris
Pelatih, dewan
12.   

Perawatan keluarga (PK)
Pelatih, dewan
13.   

Peraturan bari berbaris
Pelatih

Semester II
No.
Hari, tanggal
Materi
Penyaji
1.       
24 November 2012
Pertolongan pertama (PP)
Pelatih, dewan
2.       
04 Juni 2013
Survival
KSR PMI
3.       
02 April 2013
Usaha perbaikan gizi keluarga
Pelatih, dewan
4.       
16 April 2013
Transfusi darah
Pelatih
5.       
25 Desember 2012
Infeksi menular seksual
Pelatih
6.       

Tandu darurat
Pelatih
7.       
23 April 2013
Vitamin dan mineral
Pelatih
8.       
05 Februari 2013
Pembalutan, pembidaian
Pelatih, dewan
9.       
07 Mei 2013
Pendidikan remaja sebaya (PRS)
Pelatih, dewan
10.   
14 Mei 2013
Imunisasi
Pelatih, dewan
11.   
09 April 2013
Ayo Siaga Bencana
Pelatih, dewan
12.   
30 April 2013
Peta Pita
Pelatih, dewan
13.   
28 Mei 2013
Luka
Pelatih, dewan
14.   
21 Mei 2013
Obat-obatan
Pelatih, dewan
15.   
19 Februari 2013
Pertolongan pertama (PP)
Pelatih, dewan
16.   
08 Januari 2013
Peraturan baris berbaris
Pelatih, dewan
17.   

Bakti sosial
Dewan
18.   
30 April 2013
Persiapan MOS
Pelatih, dewan
19.   
05 Mei 2013
Jelajah alam sekitar
Pelatih, dewan

Jadwal Piket
Senin
Selasa
Rabu
Kamis
Jum’at
Sabtu
Linda
Hasnah
Meida
Murni
Elis
Annoor
Lukman
Samsul
Desi
Wayan
Rika
Resti
Anggi
Dahlia
Nisa
Eri .S
Erna
Yudi
Laela
Leni
Rahmat
Pasha
Rina
Ahmad
Windi
Santi
Dian
Ismi
Rusli
Dheria


Jadwal Jaga Upacara
Minggu I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
Meida
Elis .J
Hasnah
Murni
Linda
Yudi
Annoor
Dheria
Anggi
Desi
Pasha
Dian
Rahmat
Laela
Resti
Eri .S
Dahlia
Samsul
Rika
Leni
Nisa
Erna
Windi
Santi
Lukman
Ismi
Rusli
Wayan
Rina


Santi
                                                                          



Jadwal Hadir Kelas XII

Minggu I
Minggu II
Minggu III
Minggu IV
Karvina M.B
Desti S.R
Ita Rosita
Astri Viani
Dede Siti
Fahmi S.L
Isti Nurlatifah
Hikmah .F


Anggota yang Pernah Mengikuti Lomba PMR
di Lapangan PUSDIKTER BATU JAJAR

Kelompok I
Kelompok I
Dahlia
Meida
Leni
Elis
Resti
Ita R.
Nisa
Rina
Laela
Pasha
Windi
Anggi
Ahmad .S
Rahmat
Dian












Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Pengajuan OT / Open Table ke Instansi atau Borma

MAKALAH PENGGUNAAN MENU DAN TOOLS PADA MICROSOFT EXCEL 2007

Masih Ragu Berhijab? Motivasi Ini Akan Membuatmu Yakin Untuk Berhijab