Tips buat yang mau mengikuti Ulangan atau Ujian



Assalamu'alaikum para pembaca Blogger... Gimana kabarnya, semoga kalian berada dalam keadaan sehat jasmani dan rohani. bagi kalian yang lagi GALAU... aduh, udah deh, ga usah galau lagi. mending baca posting saya, yuk capcuss... ^,^

CURCOL

Masa sekolah adalah masa-masa terindah dalam hidup kita. Terutama masa SMA. Namun, hal yang paling di benci di sekolah adalah saat  Ulangan, dan yang paling ditakuti adalah Ujian Nasional. Masa perjuangan sekolah selama 3 tahun di tentuin LULUS atau ngga nya cuma sama nilai UN….?? Kan nyebelin.

Anyway, di sekolah kita bisa mencari peyemangat belajar loh….!! Siapa lagi kalau bukan pacar? Hhaa. CINLOK, alias Cinta lokasi sering dirasakan oleh kaum muda-mudi di masa SMAnya. Ya… termasuk aku. Xixixii aku orang yang selalu berpositif thinking, sesuai dengan moto hidupku. “HIDUP INDAH DENGAN SELALU BERFIKIRAN POSITIF” bener ga? Ga bakalan jadi beban Sobb….


Gunakan pacar pada tempatnya, jangan disalah gunakan. Di era GLOBALISASI atau GLOBALWARMING ini banyak muda-mudi yang hanyut oleh cinta, CINTA YANG DANGKAL. Apalagi wanita, hm… cewek itu manusia ke GR’an nomor 1 di dunia. Di perhatiin sama cowok aja langsung salah tingkah, disms cowok langsung senyam senyum sendiri, di telepon cowok malah nungging-nunggingan. Dan cowok adalah manusia PHP nomor 1 di dunia, alias Pemberi Harapan Palsu. Biasanya, cowok paling seneng bikin cewek ke GR’an setelah dia ditolak sama cewek yang dia taksir. Bisa di bilang pendendam. Ngomongin cinta, udah dulu deh. Ntar ajah kalo udah nikah. Sekarang mah masih kecil sob…

Guru ganteng, cantik, stylies, gaul juga menjadi pendorong n motivasi anak-anak muda zaman sekarang untuk lebih giat belajar. Kadang-kadang, guru galak cuma bikin murid-muridnya pada stress!. Jadi, saran saya buat guru-guru zaman sekarang, jangan galak-galak sama siswa-siswinya donk… nanti bukannya tambah pinter, tapi malah bikin penyakit stress. hhaa. Udah mah PR menumpuk, guru galak, OH TIDAK.

Menyontek adalah perbuatan yang sangat TIDAK BOLEH DICONTOH. Karena bukn perbuatan terpuji, malah perbuatan TERCELA. Tapi mengapa MENYONTEK masih saja menjadi budaya TURUN TEMURUN di Indonesia.?? Banyak faktornya sih, malas belajar, pengen jawaban yang instan, kurangnya Percaya Diri, dan masih banyak lagi. Mengapa banyak siswa yang seperti itu? Ya.. kembali lagi ke siswanya dan juga guru pendidiknya. Benar gak sob?

Cara mengisi jawaban Ujian itu sangatlah mudah, hanya tinggal di lingkari. Terus, SUSAHNYA DIMANA? :D Bahasa Sundanya mah Ngisian lembar jawaban teh naon sesahna sih? da kari di buledan atuh... Hahahaa


Tips buat yang mau mengikuti Ulangan atau Ujian.

1.     Kata guruku sih, jangan pakai cara SKS (Sistem Kebut Semalam) karena akan mengacaukan focus kita. Memang itu benar, otak kita akan bekerja keras untuk menghafal jika kita melakukan SKS. Tapi mau gimana lagi? Kalau gak bisa menghafal seminggu sebelum mau ujian coba cara selanjutnya. 

2.    Buat ringkasan materi di kertas kecil. Bukan buat menyontek, tapi buat menghafal. Dari tulisan atau catatan kecil kita bisa mengingat materi-materi yang ada di dalamnya. Kalau cara ini gak mempan, coba cara selanjutnya.

3.    Merekam. Manusia memiliki daya ingat yang berbeda. Ada yang mudah menghafal dengan menihat atau membaca, ada pula yang mudah mengingat dengan suara yang ia dengar. Dengan merekam semua materi yang ada, lalu mendengarnya membuat kita mudah menghafal materi-materi yang ada. Kalau cara ini masih gak mempan, coba cara selanjutnya.

4.    Browsing. Kemampuan kita di dunia jejaring social jangan hanya digunakan untuk hal-hal yang kurang penting seperti membuat status di facebook “Aduh, besok Ujian MAtematika. Bikin deg-degan ajah” biar di komen orang, atau ngetwit hal-hal yang kurang penting. Coba kita buka situs-situs tentang materi Ujian yang akan di tes. Dunia maya menghadirkan berbagai macam informasi jika kita mau membuka dan membaca situs mereka. Coba saja!


Itulah beberapa Tips belajar sebelum Ujian dari saya, kalau masih kurang, silahkan tambahin komentarnya di bawah ini… Thanks ^.^

By. A.N.M XII IPA1

Komentar

Postingan populer dari blog ini

Contoh Surat Pengajuan OT / Open Table ke Instansi atau Borma

MAKALAH PENGGUNAAN MENU DAN TOOLS PADA MICROSOFT EXCEL 2007

Masih Ragu Berhijab? Motivasi Ini Akan Membuatmu Yakin Untuk Berhijab